Senin, 09 Januari 2012

TEMP ONLINE

TEMP ONLINE atau Thermal Efficiency Monitoring Program Online, merupakan real time efficiency monitoring online di PLTGU Grati dan PLTU Perak. Aku bersama tiga temanku, Mas Aan dari Shift B, Mas Budi dari shift C, dan Mas Dani dari shift D ditugasi untuk melakukan evaluasi tentang TEMP On ini.

Hwe evaluasi kayak orang joss aja… Tapi itu santapan kita akhir2 ini. Aku dengan senang hati mengatur waktu buat baca buku2ku. buku2 yag baru kubeli, artikel dan ebook lainnya menunggu untuk di print dan dibaca, akan tetapi buku2 semacam Power Plant, Termodinamika, Pembangkit Daya sudah siap di wolak-walik. Rumus2nya, konstanta, konversi serta kalkulator sudah menanti, buku2 kuliahku laku lagi. Wah dulu kuliah Konversi Energi saiki kerjoe yon neng pembangkit… Cuocok tenan. Teorine cuocok, prakteknya harus banyak belajar dan menyiapkan timba buat menimba ilmu.

Sebelumnya perlu diketahui bahwasannya PLTGU terdiri atas dua sistem yaitu sistem PLTG ( Brayton Cycle ) dan PLTU ( Rankine Cycle ).
Gambar Brayton Cycle ( Siklus PLTG )

Gambar Rankine Cycle ( Siklus PLTU )

Efisiensi = output energy / nput energy = used energy / available energy = actual work / isentropic work
( Engineering Handbook, Shibayama G, Francheschinis, 72.1 )

*

KESETIMBANGAN ENERGI

Sebuah efisiensi sangatlah berhubungan dengan teori kesetimbangan energy ( Energy Balance ). Maka dalam suatu sistem analisa dilakukan pembatasan pada daerah dimana massa dan energi mengalir melaluinya, sehingga kesetimbangan energi dapat diamati. Kesetimbangan energi ini pada dasarnya mengikuti Hukum I Termodinamika. Lebih Kurang Hukum I termodinamika berbunyi Kenaikan energi internal dari suatu sistem termodinamika sebanding dengan jumlah energi panas yang ditambahkan ke dalam sistem dikurangi dengan kerja yang dilakukan oleh sistem terhadap lingkungan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar